Home » » Keunikan Letak Mata Hewan dan Kegunaannya

Keunikan Letak Mata Hewan dan Kegunaannya

Keunikan Letak Mata Hewan dan Kegunaannya - Dari semua hewan ciptaan Tuhan memiliki keunikannya masing-masing, salah satunya cara melihat dan tata letak mata hewan itu tersendiri.

Bajing / Tupai
Mata Bajing atau Tupai terdapat di kedua sisi kepalanya, dan berada pada kedua pipi-pipinya yang bentuknya melandai ke depan dan menyerupai kerucut. Dengan demikian ia memiliki pandangan yang tajam ke arah depan. Akan tetapi letak mata itu cukup dekat dengan pangkal kepalanya sehingga melalui kepalanya itu sambil lari memanjat pohon ia dapat melihat melalui punggungnya apakah ada yang mengejar atau tidak.

Atau sambil lari di atas tanah ia dapat melihat ke atas untuk mengawasi burung elang yang mengejarnya. Akan tetapi disamping kelebihannya itu ia mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat melihat dengan mudah ke arah samping.

Burung Elang
Mata burung Elang memiliki ketajaman penglihatan yang luar biasa untuk berburu. Ia dapat melihat seekor kelinci yang melompat-lompat diantara semak-semak ribuan kaki di bawahnya.

Kelinci
Akan tetapi si kelinci yang diburu itu memiliki mata di kedua belah kepalanya yang tempatnya sedemikian rupa sehingga dapat melihat elang yang memburunya dan yang sedang menukik untuk menyambarnya. Sekarang tinggal binatang yang mana yang beruntung.

Burung Hantu
Burung Hantu memiliki mata yang letaknya tidak seperti mata burung pada umumnya yaitu di kiri kanan kepala, akan tetapi di bagian depan mukanya. Penglihatannya sangat tajam dan dapat mengamati mangsanya dengan jelas dalam keredupan maupun dalam kegelapan malam. Akan tetapi untuk menentukan tempat mangsanya ia lebih mengutamakan pendengarannya. Ia dapat menentukan dengan tepat posisi tikus dari suara dedaunan yang terusik oleh gerakan tikus mangsanya itu.

Burung hantu sebagai pemburu pada malam hari memiliki mata yang besar sekali, sedemikian besarnya sehingga bola matanya tidak dapat digerakkan di dalam rongga matanya itu. Untuk menengok ke samping ia harus memutarkan lehernya dan ia dapat melakukannya sampai menengok ke belakang sekalipun. Selain dari pada itu matanya itu tajam sekali sehingga di dalam cahaya redup, dimana mata manusia tidak dapat malihat apapun, ia dapat menemukan mangsanya.

Burung Robin
Burung Robin, sejenis burung Murai yamg ada di Eropa tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas yang berada beberapa cm di depannya. Agar dapat medilihat jelas, mangsanya itu harus berada pada jarak yang agak jauh.

Untuk dapat melihat mangsanya, misalnya seekor cacing, ia berdiri tegak dan menggerakkan kepalanya ke arah belakang, sehingga matanya itu ada pada jarak “dapat melihat”.

Rupanya seperti orang yang rabun dekat, untuk melihat benda dengan jelas (misalnya untuk dapat membaca) orang rabun dekat itu harus menjauhkan benda itu beberapa cm dari padanya.

Kucing ^_^
Kucing adalah binatang piaraan yang sangat kita gemari. Ia termasuk binatang “noctural” yaitu binatang yang memburu mangsanya baik pada siang hari maupun pada malam hari. Oleh karena itu mata kucing bisa menyesuaikan diri baik untuk siang hari maupun untuk malam hari. Biji matanya (pupil) tidak bundar sebagaimana kebanyakan binatang- lainnya, melainkan lonjong (oval). Pada malam hari bentuk yang lonjong itu terbuka melebar sedang pada cahaya yang kuat atau terang mengecil sampai menjadi bentuk celah.

Mata seekor kucing akan berpijar (seperti menyala) bila disoroti cahaya lampu yang kuat, karena dibagian belakang matanya itu terdapat lapisan selaput yang bekerja seperti cermin yang memantulkan kembali cahaya yang mengenainya. Selain daripada itu didalam matanya itu terdapat sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya yang redup. Akan tetapi sel-sel itu tidak dapat membedakan warna alias buta warna.

Ikan
Kedua mata kita itu merupakan suatu kesatuan, melirik bersama-sama ke arah yang sama dan melihat benda yang sama pula. Demikian pula pada mamalia dan burung. Akan tetapi tidak demikian halnya pada ikan, terutama ikan yang pipih, yang matanya itu terdapat di kiri dan kanan kepalanya. Pada kelompok ikan (demikian juga pada bunglon) kedua mataya itu bekerja masing-masing dengan bebas, tidak tergantung satu sama lain, misalnya mata kiri mengarah ke depan sedang mata kanan mengarah ke belakang.

Dengan demikian penglihatannya itu dapat mencakup jarak dan daerah pandang yang luas, karena dapat melihat kepada dua arah yang berbeda secaara simultan. Ikan tidak memiliki kelopak mata, jadi tidak dapat berkedip (selalu melotot). Dengan demikian air selalu dapat membersikannya dan karena itu matanya selalu bersih.

Laba-Laba
Mata laba-laba merupakan suatu gabungan beberapa mata. Setiap mata memiliki lensa dan sel penerima berkas cahaya sehingga tampak seperti faset yang terpisah-pisah dan biasanya tersusun dalam kelompok-kelompok atau rumpun-rumpun pada punggung kepalanya. Laba-laba yang menangkap mangsanya dengan jaringnya dan menunggu mangsanya terperangkap, tidak begitu bergantung pada penglihatannya seperti laba-laba pemburu. Oleh karena itu baginya tidak menjadi masalah sifat rabun dekatnya itu.

Laba-laba pemburu mempunyai rumpun mata yang terdiri dari delapan buah mata yang terdapat pada punggungnya. Tiap-tiap mata dilengkapi lensa dan sel-sel yang dapat menangkap berkas cahaya. Walaupun tidak ada seekor laba-laba yang dapat melihat dengan jelas suatu benda yang letaknya pada jarak lebih dari 30 cm, laba-laba pemburu itu dapat mengikuti gerakan sekecil apapun dari bayangan mangsanya yang berpindah-pindah dari satu mata ke mata berikutnya.

Keunikan Letak Mata Hewan dan Kegunaannya | AzizanHakimDotCom

Share this article :

22 komentar:

Fathur Rahman said...

Nice Post Gan Azizan..Kunjungan Balik Ya.
http://livebeta-faceinfo.co.cc

UpiUpil said...

Mata bunglon juga unik loh, bisa berputar hingga 360 derajat..

Retno Dwi Lestari said...

Ikan itu gak pernah tidur katanya benar gak sih? apa tidur tapi gak merem?

Azizan Hakim said...

Fathur Nice mulu dah -_-

Azizan Hakim said...

Upil waahh iya ??
keren juga tuh :D

Azizan Hakim said...

Retno Ikan hanya terlihat sekilas tidak tidur karena matanya selalu terbuka, namun sebenarnya dia itu bisa tidur :)

Azizan-XP said...

Keren juga mas :D
letak mata pun juga tidak selalu sama.. hehe..

Azizan Hakim said...

Azizan-XP hahaha..
cuma sekedar pengen nulis aja kang :D

emje said...

tapi paling top mata kuda boz.soale ditutup masih bisa melihat.

Zazuli said...

Wawasan gue jadi bertambah :D

Falah Mulyana said...

memang unik banget nih sobat,,,,,,,,,

Falah Mulyana Berkunjung di pagi hari sebelum melakukan aktifitas,,,,

Nice share sobat and Happy Blogging sobat

IT-Soft Center said...

emng hebat ya para binatang :D
btw kunjungi balik ya

Ф дфѕдғфдғ Ф said...

kalo manusia bagaimana sob..?

nazhira fadhilah said...

mata manusia itu cantik ahaha

MIKROTIK said...

owh yah gan..
katanya anjing mempunyai mata yang penglihatannya hitam putih yah??
bener gak gan?

Azizan Hakim said...

Kak Uchi Cantikan mataku lagi kak :D
ayeeey...

Azizan Hakim said...

MIKROTIK saya pernah baca itu gan.
Tapi saya juga ragu akan hal itu..

Azizan Hakim said...

Emje iya sob :D
saya juga salut dengan mata kuda..

Azizan Hakim said...

Zazuli di blog ini tujuannya untuk menambah wawasan mas :D
hehe...

Azizan Hakim said...

Falah bangeet :D

Azizan Hakim said...

IT-soft Center semua makhluk mah punya keunikan masing2 mas :D
hehe...

Azizan Hakim said...

adsafdaf liat aja mata ente sendiri -_-
wkwkwwkkk

Post a Comment

 
© Copyright 2012 AzizanHakimDotCom | Inspired Wordpress Hack | Proudly powered by Blogger - All Rights Reserved.
Template Design by KOD Tutor | Published by KOD Template - FTemplates4U | Modificated by Portal Online.