Home » » Garuda OS Operating System 2011

Garuda OS Operating System 2011

Pada malam ini saya akan post tentang OS (Operating System) buatan anak INDONESIA loh..
namanya Garuda OS Operating System 2011



User Interface :



User interface Garuda OS cukup menawan. Paduan keindahan tampilan KDE 4.6.3 dengan 3D Desktop Compiz Fusion, membuat pengguna tidak cepat bosan dengan tampilan desktopnya, ditambah lagi widget bawaan Garuda OS yang cukup banyak dengan berbagai macam fungsinya.

Tampilan desktop Garuda OS sangat customizeable, khas desktop KDE, semua bisa diatur atau diganti, mulai dari color theme, window border, desktop theme, cursor mouse hingga icon dapat diganti dan theme yang disediakan Garuda OS pun cukup banyak.

Kelengkapan Software

Berikut sebagian software bawaan Garuda OS :

Office –>>LibreOffice 3.3, Dia, Planner, Okular, Scribus dll

Internet –>>Mozilla Firefox, Opera, Chromium, Thunderbird, Qtwit, Pino, Choqok, Ktorrent, Pidgin, Kompozer, Bluefish, Xchat dll.

Grafis –>>GIMP, Inkscape, DigiKam, Gwenview, Picasa, Blender, Synfig dll.

Multimedia –>> Sound player (Amarok, Audacious, dll), Sound Editor (LMMS, Audacity, SoundKonverter dll), Video Player (Kaffeine, SMPlayer, UMPlayer, VLC Player, dll), Video Editor (Cinelerra, Avidemux,Kdenlive,dll), Pinky Mp3 Tagger dll.

Education –>>Kalzium, Periodic Table, Marble Globe, Google Earth, dll.

Sistem n tampilan –>>Wine, VirtualBox, DosEmu, Bleachbit, Synaptic, DrakConf, Compiz, Emerald, Cairo Dock, Google Gadget, Ark, K3b, dll.

Development –>>Gambas 2, Lazarus, MonoDevelop, Eclipse, PhpMyAdmin, MySQL, dll.

Usability

Distro Garuda OS ini secara umum cukup mudah digunakan dan telah mendukung bahasa indonesia. Garuda OS mewarisi kemudahan penggunakan Distro yang jadi biangnya, PCLinuxOS. Distro ini juga memiliki control panel yang mudah digunakan yaitu Garuda Control Center, serupa dengan PCLinuxOS Control Center dan Mandriva Control Center. Selain itu, distro Garuda OS yang mengusung desktop KDE4 ini juga dilengkapi dengan KDE Control Center untuk mengubah tampilan dan konfigurasi desktop KDE. Ada hal yang agak menggenjal mengenai folder home setelah instalasi, seharusnya folder home milik user yang jadi default, namun di Garuda OS, setelah instalasi malah folder home milik root yang jadi default, harus diatur agar bisa menyimpan file di folder home milik user. Distro Garuda OS mewarisi sifat Out-of-The-Box nya PCLinuxOS, yaitu langsung bisa memainkan file-file multimedia karena codec-codec yang diperlukan telah disediakan.

Kompatibilitas

Garuda OS menggunakan kernel linux 2.6.38.7, kompatibilitas distro ini cukup baik. Garuda OS juga telah membawa driver VGA (Intel, Nvidia dan AMD Radeon) jadi tidak perlu khawatir driver VGA tidak terdeteksi dan harus install manual.

Perfoma

Garuda OS menunjukan performa yang sangat baik di PC saya . Booting dan shutdown cukup cepat. Buka tutup aplikasi sangat responsif dan sangat nyaman.Walaupun pernah juga crash namun sangat jarang. Menurut saya dari segi kestabilan masih unggul desktop berbasis Gnome

Kesimpulan

Garuda OS adalah distro linux yang lengkap dan user-friendly. OS yang berbasis PCLinuxOS ini sangat nyaman digunakan dan tidak repot. Software yang dibawa Garuda OS ini sangat-sangat lengkap, tidak perlu lagi deh repot-repot melengkapi codec multimedia, plugin atau software basic lainnya. Distro ini cocok bagi pemula yang baru bermigrasi dari windows. Distro ini juga ikut memupuk rasa nasionalisme bagi penggunanya karena didalamnya terdapat video dokumenter, KBBI digital dan UUD 1945.

+ Software Lengkap

+ Instalasi dan penggunaan mudah

+ Out of The Box

+ Memupuk rasa nasionalisme

- Ukuran besar (3,8 GB)

- Berat jika digunakan di Laptop

- Defult home setelah instalasi.



Selain itu, Masih banyak lagi kelengkapan software dan fitur-fiturnya. . .

sobat gastivives minat ?  silahkan download :D

Garuda OS Operating System 2011

NB: Garuda OS ini adalah freeware jadi tidak terkait lagi dengan lisensi segala…
Share this article :

1 komentar:

Linggau Blog Service said...

terima kasih atas kunjungan dan komentar di blog saya.

Salam..
^_^

Keep spirit.

Post a Comment

 
© Copyright 2012 AzizanHakimDotCom | Inspired Wordpress Hack | Proudly powered by Blogger - All Rights Reserved.
Template Design by KOD Tutor | Published by KOD Template - FTemplates4U | Modificated by Portal Online.