Home » » Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia - Batik, apa yang anda pikirkan tentang batik ? mungkin anda akan berpikiran tentang pakaian yang bercorak dan memiliki kesan tersendiri. Namun siapa sangka bahwa Batik sekarang sudah mendunia dan banyak digemari oleh kalangan muda pada zaman ini. Begitu juga Para Blogger Indonesia yang Mencintai Batik yang merupakan warisan nenek moyang kita ini :)

Asal Mula Batik
Kata "batik" berasal dari bahasa Jawa, yang merupakan penggabungan dari "amba" yang berarti "menulis", dan "titik" yang berarti "titik".

Sejarah Batik
Dalam literatur Eropa, teknik batik ini pertama kali diceritakan dalam buku History of Java (London, 1817) tulisan Sir Thomas Stamford Raffles. Ia pernah menjadi Gubernur Inggris di Jawa semasa Napoleon menduduki Belanda. Pada 1873 seorang saudagar Belanda Van Rijekevorsel memberikan selembar batik yang diperolehnya saat berkunjung ke Indonesia ke Museum Etnik di Rotterdam dan pada awal abad ke-19 itulah batik mulai mencapai masa keemasannya. Sewaktu dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman.

Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik jenis baru muncul, dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis. Pada saat yang sama imigran dari Indonesia ke Persekutuan Malaya juga membawa batik bersama mereka.

Budaya batik
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik Cirebon bermotif mahluk laut
Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Berikut ini Model Pakaian Batik :








Bagaimana Perndapat anda sobat ?
Tidak kalah menarik bukan dengan pakaian luar negeri sana ?
ada baiknya kita lebih mencintai Batik Indonesia, Sebagaimana para Blogger juga mencintai Batik tersebut ^_^
Share this article :

14 komentar:

wiha-cyber said...

wah ,,, ini postingan bagus gan .
cintai Batik Indonesia .

Good share.

DeeJayHan-Blog said...

i like this :D

Jenius Online said...

Bukan hanya Blogger semata yang cinta Batik Indonesia, akan tetapi semua golongan masyarakat mulai dari yang kecil sampai yang besar, semua harus Cinta Batik Indonesia!

Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia!

By : jenius-online.blogspot.com

azizan hakim said...

Kiko lope polepel batik indonesia mas :D
wkwkwk..

DeeJayHan laik back :D

Jenius itu mah so pasti mas :D
wkekeke

DeeJayHan-Blog said...

haha setuju sama yang di atas

azizan hakim said...

DeeJayHan-Blog kwkwkk..

Info Yazid said...

infonya menarik gan, ane jadi tahu asal mula pemilihan nama batik dan sebagainya.. terima kasih atas postingannya. oh ya, jangan bosan untuk jalan2 ke blog saya ya. salam persahabtan...

BosCoy said...

Mantaf,,,batik ok

azizan hakim said...

Yazid masama mas :)

Unknown said...

jualan ya gan..

azizan hakim said...

Said bukan mas, saya lagi ikut kontes

Suka Resep said...

keren-keren batik nya tuh gun,..pengen sih tapi blum ad uang ,yang jaket keren tuh,,o ya gun ane follow blog kamu,ku tunggu follback ya guns.. di www.muadz-email.co.cc

azizan hakim said...

muadz jiah -_-
sampe kapan mas :P
kwkwkwk..

Unknown said...

Upaya Pelestarian Budaya via Blog yang patut diapresiasi nie..

Maaf baru bisa membalas Kunjungan Sobat..

Salam Kenal n happy Blogging :)

Post a Comment

 
© Copyright 2012 AzizanHakimDotCom | Inspired Wordpress Hack | Proudly powered by Blogger - All Rights Reserved.
Template Design by KOD Tutor | Published by KOD Template - FTemplates4U | Modificated by Portal Online.